Laporan Penggunaan Bahan adalah laporan yang menunjukkan jumlah bahan baku yang telah digunakan dalam proses operasional/restoran selama periode tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk mengontrol efisiensi penggunaan stok dan mengukur selisih antara bahan yang dibeli, digunakan, dan tersisa.
Sebelum melihat laporan pembelian perlengkapan, pastikan data telah terinput pada Aplikasi Restoran REGORESTO.
- Cara Menambahkan Daftar Bahan Pada Aplikasi Restoran REGORESTO
- Pencatatan Transaksi Pembelian Bahan Baku Pada Aplikasi Restoran REGORESTO
- Pencatatan Transaksi Mutasi Pemakaian Bahan Pada Aplikasi Restoran REGORESTO
Berikut adalah cara untuk menampilkan Laporan Penggunaan Bahan pada Aplikasi Restoran REGORESTO.
Langkah 1. Klik menu REPORT.
Pastikan user telah login pada Aplikasi Restoran REGORESTO. Terdapat beberapa menu yang akan muncul yaitu Sales, Inventory, Accounting, Report, Master, dan juga Setting. Silahkan klik menu Report.

Langkah 2. Selanjutnya, pilih menu Penggunaan Bahan.
Pada menu Report terdapat 4 jenis laporan yaitu Laporan Penjualan, Laporan Pembelian, Laporan Produk, dan juga Laporan Keuangan. Laporan Pembelian Bahan, Laporan Pembelian Perlengkapan, dan Laporan Retur Produk.

Langkah 3. Pilih tanggal, pelanggan, dan type laporan yang ingin ditampilkan. Lalu klik View.
- Tanggal : pilih tahun periode laporan pembelian perlengkapan.
- Pelanggan : pilih pelanggan untuk ditampilkan pada laporan pembelian perlengkapan.
- Pilih type laporan : per item produk/per faktur/per hari/per minggu/per bulan.
- Apabila ingin menampilkan grand total, maka centang ‘Tamilkan Nilai Grand Total’.
- Laporan ini juga dapat dilihat dalam bentuk chat dengan cara klik Chart.

Langkah 4. Aplikasi Restoran REGORESTO akan menampilkan Laporan Penggunaan Bahan.
Laporan Pembelian Perlengkapan yang ditampilkan akan sesuai dengan apa yang diinginkan user sebelum klik View. Laporan ini bersumber dari data yang telah diinput dan diproses rekap pada menu Inventory.

Tags :
